Hasil Seleksi Puisi



HASIL SELEKSI PUISI PPN-VI JAMBI 2012

Yth. Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara

Salam,
Agenda Pertemuan Penyair Nusantara (PPN)-VI Jambi, yang dijadwalkan pada tanggal 28-31 Desember 2012, mendapat sambutan luar biasa dari para penyair Indonesia yang ada di berbagai penjuru Tanah Air. Perhatian yang sama datang dari penyair negara sahabat, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand dan Hongkong. Demikian juga disampaikan beberapa peneliti sastra dari Korea Selatan, sehingga berencana hadir dalam perhelatan akbar ini.

Hingga batas akhir penerimaan puisi, tanggal 5 September 2012, tercatat hampir tiga ribu puisi yang masuk ke panitia dan diteruskan kepada Dewan Kurator untuk dipilih menjadi tiga ratus puisi. Tentu tidak mudah menilai puisi dengan tema, gaya estetik dan warna lokal yang beragam itu. Masing-masing Dewan Kurator, yang terdiri dari Acep Zamzam Noor, Dimas Arika Mihardja, dan Gus tf,  dituntut obyektif sekaligus memiliki ketelitian yang tinggi.

Secara umum, proses kuratorial menghasilkan keberagaman tema dan gaya estetik, keberagaman domisili penyair, keberagaman usia penyair, keberagaman entitas yang disebut sebagai Nusantara. Berangkat dari hal itu, pembaca dapat mengetahui bagaimanaa aktivitas dan capaian estetik penyair peserta Pertemuan Penyair Nusantara VI sekaligus dapat mengabarkan adanya regenerasi penyair secara baik di berbagai tempat di Tanah Air maupun negara sahabat.

Sebagai pertanggung jawaban Dewan Kurator, hasil keputusan seleksi ini sacara tajam dan komprehensif akan ditulis dalam Antologi Puisi PPN-VI Jambi 2012. Kami atas nama panitia penyelenggara PPN-VI Jambi dan Dewan Kurator Puisi mengucapkan rasa terimakasih bagi semua penyair, baik Indonesia maupun negara sahabat, yang telah ikut serta dalam proses seleksi karya puisi. 

Berikut nama-nama penyair hasil seleksi Dewan Kurator Puisi PPN-VI Jambi 2012, sesuai abjad dan wilayah Provinsi dan Negara sahabat.

Jambi
  1.     A David Khalilurrahman  
  2.     Adi Suhara      
  3.     Asro al-Murtawy  
  4.     CH Yurma      
  5.     Chory Marbawy      
  6.     Didin Siroz      
  7.     EM Yogiswara          
  8.     Firdaus
  9.     Iif Ranupane      
  10.     Iriani R Tandy      
  11.     Jumardi Putra      
  12.     Kamal Firdaus
  13.     M Husayri (Ary Ce’gu)      
  14.     Marwan Kubu
  15.     Mulia Jaya          
  16.     Puteri Soraya Mansur  
  17.     Ramayani Riance  
  18.     Ramoun Apta
  19.     Rini Febriani Hauri
  20.     Utomo Suconingrat      
  21.     Yupnical Saketi           

Aceh
  1.     De Kemalawati      
  2.     LK Ara          
  3.     Nazar Shah Alam

Sumatra Utara
  1.     A Rahim Qahhar
  2.     Afrion          
  3.     Arie A Nasution
  4.     Hasan Al Banna
  5.     Idris Siregar
  6.     Ilham Wahyudi      
  7.     Raudah Jambak   
  8.     Suyadi San
  9.     Sartika Sari      
  10.     Tina Aprida Marpaung
 Sumatra Barat
  1.     Adri Sandra
  2.     Alizar Tanjung
  3.     Budi Saputra
  4.     Delvi Yandra       
  5.     Esha Tegar Putra  
  6.     Heru Joni Putra          
  7.     Iyut Fitra
  8.     Karta Kusumah
  9.     Mahatma Muhammad   
  10.     Muhammad Ibrahim Ilyas
  11.     Ragdi F Daye
  12.     Sulaiman Juned 
  13.     Syarifuddin Arifin
  14.     Yori Kayama
  15.     Zelfeni Wimra

Riau
  1.     Ahlul Hukmi
  2.     Fakhrunnas M Jabbar
  3.     Hafney Maulana  
  4.     Marhalim Zaini                 
  5.     Murdoks
  6.     Suharyoto Sastrosuwignyo
Kepulauan Riau
  •     Tarmizi Rumahitam
Sumatra Selatan
  1.     Anwar Putra Bayu      
  2.     Eko Putra          
  3.     JJ Polong
  4.     Pringadi Abdi Surya
Lampung
  1.     Alya Salaisha-Sinta
  2.     Fitri Yani
  3.     Isbedy Stiawan ZS
 Banten
  1.     Asyafa Jelata
  2.     Husnul Khuluqi   
  3.     Na Lesmana
  4.     Sulaiman Djaya  
  5.     Toto ST Radik
  6.     Wahyu Arya  
Jakarta
  1.     Ahmadun Yosi Herfanda
  2.     Alex R Nainggolan
  3.     Bambang Widiatmoko
  4.     Budhi Setyawan      
  5.     Diah Hadaning
  6.     Doddi Ahmad Fauzi
  7.     Edy A Effendi
  8.     Frans Ekodhanto Purba
  9.     Hasan Bisri BFC
  10.     Lailatul Kiptiyah
  11.     Lukman A Sya
  12.     Mustafa Ismail      
  13.     Nirwan Dewanto
  14.     Nia Samsihono   
  15.     Ook Nugroho
  16.     Sihar Ramses Sakti Simatupang
  17.     Tulus Wijanarko
  18.     Yvone de Fretes
Jawa Barat
  1.     Ahda Imran
  2.     Acep Syahril               
  3.     Ahmad Faisal Imron
  4.     Ahmad Syahid  
  5.     Arinda Risa Kamal       
  6.     Atasi Amin  
  7.     Bode Riswandi
  8.     Evi Sefiani
  9.     Heri Maja Kelana
  10.     Herton Maridi
  11.     Jun Nizami
  12.     Khoer Jurzani
  13.     Lintang Ismaya
  14.     Nissa Rengganis
  15.     Rudy Ramdani
  16.     Romyan Fauzan       
  17.     Sinta Ridwan
  18.     Soni Farid Maulana
  19.     Syarif Hidayatullah
  20.     Toni Lesmana   
  21.     Willy Fahmy Agiska
  22.     Windu Mandela
  23.     Yusran Arifin
  24.     Zulkifli Songyanan
Jawa Tengah
  1.     Arif Fitria Kurniawan
  2.     Gunawan Tri Atmodjo
  3.     Jumari HS      
  4.     M Enthieh Mudakir
  5.     Galih Pandu
  6.     Nana Riskhi Susanti  
  7.     Nurochman Sudibyo YS
  8.     Thomas Budhi Santoso  
  9.     Wachyu Pras
  10.     Wintala Achmad
  11.     Yudhi MS  
Yogyakarta
  1.     Afrizal Malna
  2.     Abdul Wachid BS      
  3.     Badrul Munir Chair
  4.     Boedi Ismanto SA  
  5.     Bustan Basir Maras  
  6.     Dorothea Rosa Herliany      
  7.     Iman Budhi Santosa  
  8.     Joko Pinurbo      
  9.     Mustofa W Hasyim  
  10.     Mutia Sukma 
  11.     Raudal Tanjung Banua  
  12.     Riswan Hidayat
  13.     Satmoko Budi Santosa
  14.     Shohifur Ridho Ilahi
Jawa Timur
  1.     Ach. Nurcholis Majid
  2.     Ahmad Muchlish Amrin       
  3.     Asa Jatmiko  
  4.     A’yat Khalili
  5.     Beni Setia
  6.     Dian Hartati
  7.     F Rizal Alief
  8.     Hidayat Raharja
  9.     Kamil Dayasawa
  10.     Lina Kelana
  11.     M Faizi
  12.     Mardi Luhung  
  13.     Matroni el-Moezany
  14.     Nanang Suryadi
  15.     R Giryadi           
  16.     Rahmat Ali
  17.     Tjahjono Widarmanto  
  18.     Tjahjono Widijanto
  19.     Viddy AD Daery
Bali
  1.     Dhenok Kristianti       
  2.     Frischa Aswarini
  3.     Ni Made Purnama Sari      
  4.     Ni Putu Rastiti          
  5.     Ni Wayan Idayati      
  6.     Warih Wisatsana
  7.     Wayan Sunarta          
Nusa Tenggara Barat
  1.     Dinullah Rayes
  2.     Fatih Kudus Jailani
  3.     Fitri Rachmawati
  4.     Ilham Fahmi  
  5.     Irma Agryanti
  6.     Kiki Sulistyo
  7.     Sindu Putra
  8.     Tjak S Parlan         
  9.     Udin Sape Bima
Nusa Tenggara Timur
  1.     Bara Pattyradja
  2.     Mario F Lawi
  3.     Yoseph Yapi Taum
Kalimantan Selatan
  1.     Ali Syamsudin Arsyi
  2.     Arsyad Indradi
  3.     Hudan Nur
  4.     Mahmud Jauhari Ali
SulawesiTenggara
  •     Syaifuddin Gani
Sulawesi Selatan
  1.     Dalasari Pera
  2.     Muhammad Aswar
 Sulawesi Utara
  1.     Arther Panther Olii
  2.     Oddie Frente
Maluku Utara
  1.     Dino Umahuk
  2.     Mariana Lawier
Papua
  •     Dwi Rahariyoso


NEGARA SAHABAT

Malaysia
  1.     A Razak Adam
  2.     Abang Patdeli Abang Muhi
  3.     Aminudin Mansor
  4.     Benyamin Matussin
  5.     Khalid Salleh
  6.     Mabulmaddin Shaiddin
  7.     Marsli NO
  8.     Muhammad Puad
  9.     Naffi Mat
  10.     Rahimidin Zahari
  11.     Saleh Rahamat      
  12.     Sani La Bise
  13.     Shamsudin Othman
  14.     Syed Mohd. Zakir   
Singapura
  1.     Abdul Samad Salimin  
  2.     Ahmad Md Tahir
  3.     Almahdi Al-Haj bin Ibrahim
  4.     Herman Mutiara  
  5.     Noor Aisya Binte Buang
  6.     Noor Hasnah Adam
  7.     Rohani Din
Brunei Darussalam
  1.     Adi Aswara
  2.     Anjungbuana
  3.     Kamarudin bin Pengiran Haji Othman
  4.     Nazwan Karim
  5.     Zefri Ariff
Thailand
  •      Phaosan Jehwae

70 komentar:

  1. Saya ngirim kok nama saya ngg ada ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. tolong kirim ulang email anda.akan kami cek lagi.
      salam
      @admin.

      Hapus
  2. salam PPN VI ...

    sekadar memberikan tambahan penjelasan. untuk wilayah jawa timur no. 72 a.n. tjak s parlan, mohon untuk dipindahkan ke wilayah Nusa Tenggara Barat. karena sudah lama saya berdomisili di Mataram, Lombok (KTP saya, juga KTP NTB). mohon maaf atas kesalahan (yang mungkin) saya lakukan pada saat pengiriman 'puisi' dengan mencantumkan domisili antara Mataram-Jember, karena pada saat itu saya memang sedang di jember untuk sebuah keperluan dalam jangka waktu tertentu. demikian, terimakasih atas perhatiannya

    salam,
    tjak lan

    BalasHapus
    Balasan
    1. @admin

      terimakasih sudah diperbaiki

      salam

      Hapus
    2. Asslm. bang Jumardi Putra, hm..mungkin kilaf. nama Iberthy ada dari Riau dan Kepulauan Riau. setahu saya beliau di Riau (Pekanbaru) kebetulan satu komunitas. Oh, ya bang nama saya Muhammad Asqalani eNeSTe (bkn eNeSte)ada kesalahan sikit hehe . Trimakasih Bang, Sukses...

      Hapus
  3. Mas jumardi nama saya Rahmat Heldy HS kok, ga ada yah padahal dah saya kirim. dari banten

    BalasHapus
  4. Maaf kepada pihak panitia, nama saya Cipta Arief Wibawa belum masuk. Saya harus kirim ke mana ya konfirmasi email saya?
    apakah ke email pengiriman puisi PPN Jambi VI

    BalasHapus
  5. Jumardi Putra, saya mau ralat penyair dari Sumatera Barat urutan no 25 A. Rahim Qahar, sebetulnya beliau adalah penyair dari Medan, Sumatera Utara. Salam dan sukses selalu.

    BalasHapus
  6. Oh iya, maaf kepada pihak panitia saya Cipta Arief Wibawa ingin melaporkan, untuk dari Jawa Tengah no.15 Arief Wibawa itu saya. Dan keikutsertaan saya saat ini untuk mewakili kota Medan, Sumut karena saya berdomisili di sana untuk saat ini.
    Oh iya, nama lengkap saya Cipta Arief Wibawa, jadi namanya juga mohon diralat.
    Sukses selalu untuk panitia ya :)

    BalasHapus
  7. Aslmkmwrwb
    Saya Rohani Din memaklumkan, saya juga telah mengirimkan namun nama saya tidak tercatat.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  8. all@. Terimakasih atas masukannya. akan kami cek dan perbaiki.
    salam jabat erat.
    @admin.

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas pengumuman ini. Nomor 10 dari Sumatera Utara tertulis (mungkin hanya kesilapan pemindahan data) Puisi Teja Purnama, semestinya Teja Purnama.

    BalasHapus
  10. untuk peserta dari jawa timur, tertulis nomor 27 Kaha Tufan Aminudin seharusnya Akaha Taufan Aminudin mohon koreksi tks

    BalasHapus
  11. Terima kasih. Nama saya sudah tertera di sana (M. Faizi, Jawa Timur)

    BalasHapus
  12. all@.Terimakasih aas masukan dan klarifikasi.
    segera kami cek dan perbaiki.
    salam PPN-VI Jambi.

    BalasHapus
  13. Mohon dikoreksi, dari Sumatera Utara No. 17, Berlian Siregar, yang benar adalah Berliana Siregar

    BalasHapus
  14. Salam Mas Jumardi Putra,

    Terimakasih nama saya sudah di masukkan: Lailatul Kiptiyah, mewakili Jakarta no. 17

    Semoga lancar segalanya dan sukses senantiasa. Amin.

    Salam,

    BalasHapus
  15. Asslm..
    mohon maaf, saya Baiq Ilda Karwayu no.10 dari Bali ingin mengklarifikasi tempat bahwa saya berasal dari Nusa Tenggara Barat, bukan Bali. harap diedit. terima kasih..

    BalasHapus
  16. kepada panitia PPN VI Jambi, no urut 03 dari kepulauan riau atas nama"murdoks" sebenarnya berasal dari Riau-Pekanbaru bukan dari kepulauan riau.dan tereja MURDOKS bukan MURDOKH. thank atas perhatiannya salam.

    BalasHapus
  17. Saya sudah kirim ulang. Mohon dicek di email. Apa sudah masuk apa belum?

    BalasHapus
  18. Maaf, saya Lukman Mahbubi dari Sumenep Madura Jawa Timur

    BalasHapus
  19. Saya Ansar Salihin Diutus oleh Pak Sulaiman Juned Mengirim pesan
    Kepada Panitia PPN Jambi
    Bapak Sulaiman Juned (No urut 5 Aceh)
    memang lahir di Aceh tapi tinggal sekarang di Sumatera Barat
    Jadi tolong kepada panitia untuk merubahnya dari Aceh ke Sumatera Barat
    salam Kreatif

    BalasHapus
  20. Assalamu alaikum wr.wb.
    Saya lahir dan besar di Jakarta, KTP DKI Jakarta, namun sejak 7 tahun yang lalu sudah berdomisili di BSD, Tangsel, Banten. Tetapi di daftar ini, saya masuk wilayah Sumatera Utara. Mungkin karena saya mengirimkan puisi melayu dan memiliki marga Siregar. Bagi saya itu tidak masalah. Semoga sukses acaranya.
    Wssalam,
    Amdai Yanti Siregar

    BalasHapus
  21. rasanya saya Thamrin Dahlan dari jakarta sudah email 5 Puisi bulan lalu, apakah sdh diterima ? Terima kasih salam Puisi

    BalasHapus
  22. kok nama saya tidak ada, saya sudah mengirim beberapa hari setelah id fitri, mohon kepada panitia untuk dicek kembali, email saya senibunuhdiri@yahoo.co.id, dari KALSEl, terima kasih

    BalasHapus
  23. semoga lancar dan sukses acaranya

    BalasHapus
  24. Saya kirim lagi puisi. Semoga masih bisa diterima. Trims. Sunaryo broto, Bontang Kaltim,email: sbroto@pupukkaltim.com

    BalasHapus
  25. Saya pernah ngirim tapi gak masuk. Semoga bisa masuk ke boxmail ppn6. Trims. Sunaryo Broto, Bontang, Kaltim.

    BalasHapus
  26. terima kasih nama saya ada di kolom 44 jawa barat. tapi bisa tidak jika nama Rangga Abdul Azis memakai nama pena saya. R Abdul Azis, terima kasih

    BalasHapus
  27. all@ Terimakasih atas masukan dan klarifikasinya.
    salam

    BalasHapus
  28. assalamualaikum.. salam budaya.. Yth. Panitia PPN VI Jambi, terima kasih atas kesediaannya. Sedikit konfirmasi sekaligus koreksi, saya, Rudy Ramdani (no.29 Jawa Tengah) bukan berasal dari Provinsi Jawa tengah.
    Kabupaten Purwakarta terletak di Jawa Barat. terima kasih. Sukses.
    wassalam.

    BalasHapus
  29. all@ terimakasih. akan kai cek dan perbaiki.
    salam

    BalasHapus
  30. maaf __ada sedikit kesalahan nama dari peserta NTB,, yang bener Syaidatul Fitria Malini,,,, makasih sebelumnya__bukan Fitira,,,

    BalasHapus
  31. Selamat, saya senang karena PPN ternyata memberikan angin segar bahwa banyak sekali generasi penyair baru yang namanya mungkin tidak dikenal di media karena masalah masih adanya sistem feodal, di sini tercantum. Ada beberapa yang saya kenal, ada yang sama sekali baru saya dengar namanya. Luar biasa. Semoga lancar. Salam Sastra.

    BalasHapus
  32. maaf mohon kesediannya memperbaiki sedikit kesalahan nama saya, nomer urut 16 dari Nusa tenggara Barat, yang benar adalah Fitri Rachmawati bukan Rachmawai...terimakasih. salam

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. M. Ridwan kok ada dua? Apa dua orang yg berbeda? atau satu orang dengan nama berbeda??? Mohon responnya..

    BalasHapus
  35. Mohon diperiksa lagi no 28, dari Sumatera Barat. Setahu saya Fachraini Hs berasal dari Sumatera Utara. Mungkin bernama sama.

    BalasHapus
  36. Bang, saya telah kirim puisi-puisi juga via e-mail, tertanggal kirim: 28 Agustus 2012.

    Saya cek, nama saya koq nggak ada ya? Terimakasih.

    Salam,
    asajatmiko
    -asajatmiko@gmail.com-

    BalasHapus
  37. Lapor, saya Skylashtar Maryam dari kontingen Jawa Barat. Nama saya tertulis dua kali di nomor 38 dan 42. Mohon dicek dan dikoreksi. Terima kasih.

    BalasHapus
  38. salam:

    sukses dan bermakna..
    "semoga kuncup kan jadi bunga, wangi hidup berketulusan.."

    Jabat-erat!

    BalasHapus
  39. assalamualaikum wr wb.

    Yth. panitia PPN-VI Jambi/Jumardi Putra

    ingin mengonfirmasi alamat domisili, atas nama Tjak S Parlan, dalam pengumuman ini masih tertera di wilayah Jawa Timur. Seharusnya di Nusa Tenggara Barat, karena saya berdomisili di Mataram, NTB.

    Demikian, Mas Jumardi.

    terima kasih

    salam

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. assalamualaikum wr wb.

    Yth. panitia PPN-VI Jambi

    mohon maaf, bisakah nama saya, pada kolom jawa tengah nomor 120 yang penulisannya wachyupras dirubah dengan spasi, menjadi Wachyu Pras, atas perkenan dan kerjasama yang baik diucapkan terimakasih.

    wp'12

    BalasHapus
  42. Salam sastra, terima kasih, sebuah seleksi yang lumayan apik walau dari pulau kalimantan hanya sedikit yang masuk pilihan, moga ke depan lebih banyak lagi. Salam gumam asa dari Kalimantan Selatan

    BalasHapus
  43. Salam kenal untuk semua. Terima kasih atas apresiasinya, panitia PPN VI Jambi dan pihak-pihak yang masih peduli dengan esensi sastra sebagai salah satu bagian kebudayaan manusia. Sastra menumbuhkan solidaritas kemanusiaan. Singgahlah sejenak di http://hukmi99.blogspot.com . Sampai jumpa di Jambi.

    BalasHapus
  44. salam sastra
    aku menyatakan siap hadir dalam PPN VI di Jambi
    Nama : KHOIRUL ANWAR
    Alamat : Jl. Cakarwesi No. 44 Kelurahan Tosaren Kec. Pesantren Kota Kediri Jatim
    No. HP : 081216670990

    BalasHapus
  45. Salam Budaya. Mohon diralat, (Kamil Dayasawa: Jawa Timur No.9). Domisili saya sekarang di Yogyakarta. Terimakasih. Salam.

    BalasHapus
  46. bingung, sebenarnya harus daftar perdaerah dulu atau gimana? saya sudah kirim 5 puisi sebelum deadline, ga ada konfirmasi sampai sekarang.,.

    BalasHapus
  47. Jumardi dkk, nama saya kenapa tidak ada ?

    BalasHapus
  48. hiks... nggak lolos seleksi tuh puisiku...... sulit banget jadi penyair. hehehehe....

    BalasHapus
  49. Saya ngirim beberapa puisi kok tidak ada dalam daftar ya?

    BalasHapus
  50. terima kasih, nama saya sudah ada.
    Matroni el-Moezany, Jawa Timur

    BalasHapus
  51. mohon maaf pada pihak panitia tentang hasil seleksi puisi PPN-VI Jambi, dari Provinsi Banten di situ tertera nama Asyafa Jelata, tetapi seharusnya Assyafa Jelata. mohon kepada pihak panitia segera memperbaikinya. terimakasih banyak.

    BalasHapus
  52. Saya, Sabahuddin Senin dan Awang Karim Kadir, penyair Sabah, Malaysia, berusaha ingin turut dalam acara puisi di Jambi ternyata segala usaha tidak termasuk dalam seleksi. Apakah masih belum terlambat? mengirimkan puisi untuk seleksi? Email saya ialah musabinmasran@hotmail.com Kami berdua menunggu jawaban dari pihak penganjur, beberapa kali tapi tak ada jawaban.

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum, masih belum mendapat respon, barangkali saya yang salah, sabar menunggu, kami sabahuddin Senin dan Awang Karim kadir masih menunggu respond. Kami juga ada di dalam FB. Apakah dikontak langsung melalui telepon atau email? KEPADA PANITIA.

    BalasHapus
  54. Assalamualaikum,mohon penjelasan saya kepingin menyertai program ini, tolong berikan saya syarat-syaratnya dalam waktu yang singkat ini.

    BalasHapus
  55. Assalamualaikum, masih belum terlambat, menyatakan untuk sebuah harapan kenapa tidak, kami masih menunggu, barangkali piontu telah pun tertutup. Tapi kami masih berusaha. Di FB, saya boleh dihubungi melalui inbox Sabahuddin Senin dan teman saya di FB melalui Awang Karim Kadir. Salam Nusantara. SS

    BalasHapus
  56. aku apresiasi semua komentarnya dengan hahahahahaha

    BalasHapus