Jumat, 07 September 2012

PERTEMUAN PENYAIR NUSANTARA (PPN-VI) JAMBI


A.    Latar Belakang Pertemuan Penyair Nusantara (PPN)
Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) adalah ajang silaturahmi gagasan Perpuisian Melayu Nusantara. Agenda tahunan ini merupakan usaha untuk menghimpun para penyair dari rantau Asia Tenggara khususnya, dan beberapa wilayah yang memiliki ciri peradaban Melayu Nusantara lainnya. 

Berdasarkan mandat musyawarah mufakat antar delegasi Negara peserta PPN pada Juli 2011 di Palembng, terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand, maka Jambi terpilih sebagai tuan rumah PPN ke-6.  Diharapkan agenda penting ini tidak hanya sekedar ritual tahunan, tetapi dapat menggali dan menemukan keberagaman ciri, bentuk perpuisian, dan latar sosial yang berbeda dari masing-masing teks puisi yang dihasilkan para penyair Melayu Nusantara. Sehingga kekayaan puisi tersebut dapat menjembatani keragaman budaya yang ada di setiap Negara peserta PPN. Di samping itu, dinamika perpuisian di setiap negara dan bangsa tentunya memiliki problema sendiri-sendiri, yang bersentuhan dengan karya, media, penerbitan, kritik, dan lain-lain yang menyertainya. Dengan demikian, keanekaragam persoalan itu menjadi sebuah perbincangan, bahkan perdebatan yang diharapkan menghasilkan jalan keluar yang positif bagi keberlanjutan kehidupan perpuisian di masing-masing wilayah Melayu Nusantara.


B.  Sejarah Tuan Rumah Pertemuan Penyair Nusantara (PPN)
Hasil persetujuan yang dicapai dalam musyawarah mufakat antar delegasi negara peserta PPN di Medan adalah mengadakan acara ini pada setiap tahun secara bergiliran. Berikut daftar tuan rumah PPN yang telah berlansung:
  1.  Medan International Poetry Gathering pada tahun 2007 (Medan/Indonesia)
  2. Kediri International Poetry Gathering pada tahun 2008  (Kediri/Indonesia)
  3. Kuala Lumpur International Poetry Gathering pada tahun 2009 (Malaysia)
  4. Brunei International Poetry Gathering  pada tahun 2010 (Brunei Darussalam)
  5. Palembang International Poetry Gathering pada tahun 2011 (Sumatera Selatan/Indonesia)
  6. Jambi International Poetry Gathering pada tahun 2012 (Jambi/Indonesia)
C.    Negara Peserta Pertemuan Penyair Nusantara (PPN VI)
Setiap tahun Negara peserta PPN mengalami perkembangan. Hal ini merupakan kabar baik sebagai upaya terciptanya ruang dialog konstruktif antarnegara di kawasan Asia Tenggara, khususnya wilayah yang memiliki ciri peradaban Melayu Nusantara. Berikut negara peserta PPN:
  1. Indonesia
  2. Malaysia
  3. Singapura
  4. Brunei Darussalam
  5. Thailand
  6. Philipina
  7. Vietnam
  8. Laos
  9. Kamboja
  10. Timor Leste
D.    Jambi Tuan Rumah Pertemuan Penyair Nusantara VI (PPN)
Pasca musyawarah mufakat antarnegara peserta PPN,  dengan mengemukakan berbagai alasan, di antaranya, memiliki pengalaman menyelenggarakan kegiatan sastra berskala nasional-internasional dan dinamika perpuisian daerah penyelenggara, maka berdasarkan surat mandat panitia pelaksana Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) V di Palembang, Sumatra Selatan pada tanggal 18 bulan juli 2011, Jambi dipercaya sebagai tuan rumah PPN VI tahun 2012, disusul Singapura dan Thailand sebagai tuan rumah berikutnya, pada tahun 2013-2014.
E.     Program PPN VI Jambi 2012
Guna meningkatkan manfaat PPN bagi peserta dan masyarakat sastra di Nusantara, penyelenggara PPN melaksanakan kegiatan pokok berupa:
  1.  Seminar Internasional:  Agenda ini terdiri dari tujuh sesi diskusi.
  2.  Penelitian Perpuisian Jambi: “Perpuisian Jambi dalam Konteks Pemikiran Nusantara”
  3. Orasi Budaya: Tema: Pemberdayaan Perpuisian Nusantara di Era Global
  4. Workshop Puisi: Kegiatan ini dikhususkan untuk guru dan peserta didik di Provinsi Jambi
  5. Penerbitan Buku: Terdiri Kumpulan Puisi, Makalah, Prosiding riset tim kepenyairan Jambi, Buku puisi, dan makalah hasil refleksi PPN VI.
  6. Panggung Apresiasi
  7. Refleksi dan Proyeksi PPN
  8.  Bazar Buku
F.     Tujuan PPN VI Jambi 2012
Adapun tujuan kegiatan ini, di antaranya:
  1.  Menggagas, memformulasikan, dan menetapkan ciri dan bentuk Perpuisian Melayu Jambi.
  2.  Menggagas, memformulasikan, dan menetapkan ciri dan bentuk Perpuisian Melayu Nusantara mutaakhir
  3. Membahas dan mendiskusikan secara mendalam mengenai perpuisian Nusantara sebagai sebuah upaya konstruktif bagi peningkatan mutu perpuisian Melayu Nusantara.
  4. Menjadikan forum PPN VI Jambi sebagai agenda strategis yang memiliki keunggulan tidak hanya dari sisi penyelenggaraan tetapi juga kualitas karya dan pemikiran yang dihasilkan.
  5. Pengembangan kritik puisi melalui berbagai pendekatan yang memungkinkan terungkapnya kekayaan teks puisi berkenaan dengan ruh puisi Melayu Nusantara.
  6. Pertemuan Penyair Nusantara VI mengakomodasi berbagai jenis puisi klasik dan mutakhir.
  7.  
G.    Manfaat PPN VI Bagi Jambi 2012
Manfaat pelaksanaan PPN VI tahun 2012 bagi Provinsi Jambi sebagai tuan rumah pelaksana adalah:
  1. Publikasi potensi sumber daya sosial, budaya, dan alam sehingga meningkatkan pendapatan daerah melalui arus modal yang mengalir ke Provinsi Jambi.
  2. Sosialisasi dan publikasi mengenai status penetapan warisan dunia untuk Kawasan Percandian Muaro Jambi.
  3. Meningkatkan citra provinsi Jambi sebagai wilayah Nusantara yang memiliki perhatian terhadap pengelolaan potensi budaya, salah satunya di bidang sastra (puisi)
  4. Menjadikan Jambi sebagai daerah yang  memiliki kontribusi bagi pengembangan dan peningkatan mutu perpuisian Melayu Nusantara sekaligus menempatkan Jambi sebagai wilayah strategis bagi kerjasama budaya antar negara, sebagaimana termaktub dalam sejarah Melayu Jambi berabad-abad yang lalu.
H.      Waktu Pelaksanaan Pertemuan Penyair Nusantara VI
PPN VI di Jambi akan dilaksanakan pada 29 – 31 Desember 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar