Kamis, 06 September 2012

Delegasi Penyair Jawa Tengah Dukung Jambi

Semarang, CyberNews. Delegasi penyair Jawa Tengah mendukung Provinsi Jambi sebagai tuan rumah untuk Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI mendatang. Hal itu karena Thailand, yang sebelumnya menyatakan siap, ternyata kemudian mengundurkan diri sebagai calon tuan rumah pertemuan itu. 
Selain Indinesia dan Thailand, penyair-penyair Asia Tenggara, seperti dari Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan negara Asia Pasifik juga tergabung dalam wadah itu.Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT), Gunoto Saparie sehubungan dengan hasil-hasil PPN V di Palembang 16-19 Juli lalu.
Hadir sebagai perwakilan Jateng, antara lain Jumari HS (dari Kudus), Nurrochman Sudibyo, Diah Setyawati, Nana Riskhi Susanti, Enthieh Mundakir, dan Lanang Setiawan (dari Tegal). Sementara Heru Emka, wakil dari Semarang, karena sesuatu hal, tidak dapat hadir dalam acara itu.
Gunoto yang juga menjadi pembicara dalam forum  itu mengatakan, pada PPN IV di Brunei Darussalam 2010, Thailand memang direkomendasikan menjadi tuan rumah PPN VI. "Namun karena alasan situasi sosial politik yang belum memungkinkan di negara itu, delegasi penyair Thailand menyatakan ketidaksiapannya dan mempersilakan negara lain untuk menggantikannya," ujarnya.

Menurut Gunoto, dalam pelaksanaannya nanti ia berharap Pemprov Jateng mendukung. Terutama dalam hal dana, pada setiap keberangkatan delegasi penyair wilayah ini ke kegiatan PPN.
"Apalagi kehadiran mereka membawa nama baik Jateng. Karya-karya mereka juga memiliki warna lokal Jateng, seperti tradisi, adat, budaya, wisata, dan lain-lain. Tetapi agaknya komitmen eksekutif terhadap hal ini patut dipertanyakan," tandas Gunoto.
Forum PPN, kata Gunoto, bisa menjadi wadah silaturahmi dan tukar informasi antarpenyair Asia Tenggara. "Hal ini sangat penting, karena bisa merangsang aktivitas dan kreativitas mereka untuk menghasilkan karya-karya yang lebih berkualitas," terangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar