Kamis, 06 September 2012

Dewan Kesenian Jawa Tengah Dukung PPN-VI Jambi

Jawa Tengah-Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) mendukung Jambi sebagai tuan rumah Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI. Hal itu karena Thailand, yang sebelumnya menyatakan siap, ternyata kemudian mengundurkan diri sebagai calon tuan rumah pertemuan para penyair Asia Tenggara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam,Thailand, dan negara Asia Pasifik.
Hal itu dikatakan Sekretaris Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie kepada Obyektif Cyber Magazine, semalam, sehubungan dengan hasil-hasil PPN V di Palembang 16-19 Juli lalu. Oleh karena itu, atas nama DKJT, dia mendukung pelaksanaan PPN VI, di Jambi.
Dalam PPN V, Gunoto memimpin delegasi penyair Jateng yang terdiri dari dirinya, Jumari HS (Kudus), Nurrochman Sudibyo, Diah Setyawati, Nana Riskhi Susanti, Enthieh Mundakir, dan Lanang Setiawan (kelimanya dari Tegal). Heru Emka (Semarang) karena sesuatu hal tidak bisa berangkat memenuhi undangan.
Gunoto yang juga menjadi pembicara dalam forum  itu mengatakan, pada PPN IV di Brunei Darussalam 2010, Thailand memang direkomendasikan menjadi tuan rumah PPN VI. "Namun karena alasan situasi sosial politik yang belum memungkinkan di negara itu, delegasi penyair Thailand menyatakan ketidaksiapannya dan mempersilakan negara lain untuk menggantikannya", ujarnya.
Menurut Gunoto, seharusnya Pemprov Jateng mendukung. terutama dalam hal dana, pada setiap keberangkatan delegasi penyair wilayah ini ke kegiatan PPN. "Apalagi kehadiran mereka membawa nama baik Jateng. Karya-karya mereka juga memiliki warna lokal Jateng, seperti tradisi, adat, budaya, wisata, dan lain-lain. Tetapi agaknya komitmen eksekutif terhadap hal ini patut dipertanyakan", ujar Gunoto.
Forum PPN, kata Gunoto, bisa menjadi wadah silaturahmi dan tukar informasi antar-penyair Asia Tenggara. "Hal ini sangat penting, karena bisa merangsang aktivitas dan kreativitas mereka untuk menghasilkan karya-karya yang lebih berkualitas," tambahnya. (putri).
sumber:  http://obyektif.com/sastrabudaya/read/dkjt__dukung_temu_penyair__di_jambi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar