Minggu, 07 Oktober 2012

DK-Jambi Sukseskan PPN-VI Jambi 2012

Berdasarkan mandat musyawarah mufakat antar delegasi negara peserta PPN pada Juli 2011 di Palembng, terdiri dari Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, Philipina, dan Thailand, maka Jambi terpilih sebagai tuan rumah PPN ke-6.
Diharapkan agenda penting ini tidak hanya sekedar ritual tahunan, tetapi dapat menggali dan menemukan keberagaman ciri, bentuk perpuisian, dan latar sosial yang berbeda dari masing-masing teks puisi yang dihasilkan para penyair Melayu Nusantara. Sehingga kekayaan puisi tersebut dapat menjembatani keragaman budaya yang ada di setiap Negara peserta PPN.
Melatari hal itu, dinamika perpuisian di setiap negara dan bangsa tentunya memiliki problema sendiri-sendiri, yang bersentuhan dengan karya, media, penerbitan, kritik, dan lain-lain yang menyertainya. Dengan demikian, keanekaragam persoalan itu menjadi sebuah perbincangan, bahkan perdebatan yang diharapkan menghasilkan jalan keluar yang positif bagi keberlanjutan kehidupan perpuisian di masing-masing wilayah Melayu Nusantara. 
Ketua Umum Dewan Kesenian Jambi (DK-Jambi), Aswan Zahari mengatakan, mandat tersebut merupakan kehormatan bagi Provinsi Jambi. "Semoga forum ini dapat memberi kontribusi bagi pengembangan kesusastraan Nusantara, dan untuk mencapai target tersebut DK-Jambi akan berusaha secara maksimal untuk mempersiapkan agenda yang berlansung pada tanggal 28-31 Desember 2012", imbuhnya. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar