Jumat, 02 November 2012

Penyair Sultra Lolos PPN VI di Jambi

KENDARINEWS.COM: Meski belum menggeliat seperti di daerah jawa, aktifitas dan kreatifitas para penyair Sultra sudah mulai kelihatan. Tak hanya intens menggelar pentas-pentas seni, tapi penyair di Sultra sudah mulai eksis mengikuti kegiatan di level nasional. Buktinya, Syaifuddin Gani, salah seorang penyair Sultra berhasil lolos seleksi untuk mengikuti Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) VI di Jambi pada 28-31 Desember 2012 mendatang.
Jumardi Putra, sekretaris panitia seleksi PPN V yang dikonfirmasi kemarin mengatakan dari 600 penyair yang ikut seleksi berhasil lolos hanya 215 orang, sementara untuk puisi hanya 300 yang lolos seleksi dari 3 ribu puisi yang diseleksi. "Proses seleksi oleh dewan kurator, tidak berdasarkan kuota setiap provinsi, tetapi melalui penilaian kualitas puisi. Itulah sebabnya, ada provinsi yang tidak memiliki wakil pada pertemuan tahunan ini," ungkapnya.
Menurutnya, agenda PPN mendapat sambutan luar biasa dari para penyair di Indonesia, termasuk beberapa penyair negara sahabat, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand dan Hongkong. Demikian juga disampaikan beberapa peneliti sastra dari Korea Selatan kata Jumardi yang berencana hadir dalam perhelatan akbar ini.
Secara terpisah, Syaifuddin Gani mengatakan bangga bisa lolos dalam seleksi itu. Selain bisa mewakili Sulawesi Tenggara pada ajang bergengsi bagi para penyair tersebut ia juga mengaku senang karena bisa bersaing dengan ratusan penyair dan ribuan puisi, juga bertemu dengan berbagai penyair dari negara anggota ASEAN lainnya. "Ini sebenarnya motivasi bagi saya dan rekan penyair yang lain untuk terus meningkatkan kreatifitas dalam menciptakan karya seni dan syair-syair yang berkualitas di Sultra," ungkap staf kantor Bahasa Sultra itu. (fya)



Sumber: kendari pos

Tidak ada komentar:

Posting Komentar